INDONESIA GOLF COURSE OWNER ASSOCIATION
CONTACT US
Phone. (+62-21) 5790-3545
Fax. (+62-21) 5790-0477
Email:
info@aplgi.org  
HOME        ABOUT US        NEWS         MEMBER       GALLERY       LINK       CONTACT US
 
NEWS

09 March 2015
Pemerintah Buat Standarisasi Baku Usaha Lapangan Golf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpraf) akan segera menetapkan standarisasi baku usaha lapangan golf. Jika tidak memenuhi standarisasi ini, ijin usaha lapangan golf terancam dicabut. Untungnya, sejak awal pembuatan draft standarisasi tersebut Kemenpraf selalu melibatkan APLGI.

“Ke depannya tiap unit usaha harus memenuhi standarisasi baku yang ditetapkan oleh pemerintah. Tiap usaha lapangan golf nantinya harus mempunyai sertifikasi. Kalau APLGI tidak mengawal pembuatan peraturan ini, kami khawatir isinya akan melenceng dan memberatkan industri kita sendiri. Peran APLGI sangat dominan dalam pembuatan standarisasi ini,” jelas Wahyu A. Harun, Sekjen APLGI.

Kemenpraf sejak tahun lalu secara aktif melakukan sosialiasi tentang rencana penerapan standarisasi. Mereka mengundang para pemilik dan pengelola lapangan golf untuk memberikan penjelasan. Selain itu, Kemenpraf juga mengirimkan timnya untuk melakukan kunjungan ke beberapa lapangan golf, tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya, tapi juga mengunjungi Jawa Timur dan Bali. Dalam setiap kunjungannya itu, Kemenpraf selalu menggandeng APLGI.

Ada beberapa hal yang ditetapkan dalam standarisasi itu. Di antaranya adalah tentang batas minimal luas lahan minimal yang harus dimiliki sebuah lapangan golf. Selain itu juga ditetapkan fasilitas apa saja yang harus ada dalam setiap lapangan golf.

Lalu, apakah keberadaan standarisasi baku usaha akan menguntungkan lapangan golf?

“Tentu saja menguntungkan kita, terutama untuk orang-orang di luar negeri. Mereka nantinya akan tahu standar lapangan golf yang ada di Indonesia. Selama ini Indonesia memiliki lapangan golf yang sangat mewah, tapi kita sendiri tidak tahu standarnya mana yang bagus dan mana yang biasa saja. Kita membatasi sampai dua kategori saja agar tidak terlalu banyak klasifikasinya,” kata Wahyu.

LATEST NEWS
Badan Profesi PGI Gelar R&A Rules School Level I
Bank BRI-JCB Indonesia Open 2016 - George dan Danny Ingin Banggakan Indonesia
Bank BRI-JCB Indonesia Open 2016 - Gaganjeet Bhullar Ambisi Jadi Juara Lagi
PEMBUKAAN MIZUNO GOLF SCHOOL DAMAI INDAH GOLF-PIK COURSE
APLGI Dukung Superintendent Tambah Ilmu
Hobi Main Golf? Ini Manfaatnya!
Pegolf legendaris Arnold Palmer Tutup Usia
PON XIX - DKI Raih Satu Emas, Jawa Timur Juara Umum
PON XIX - Jawa Timur Panen Emas Golf
 
Other News
 
 
Search
Please enter your search criteria
Copyright © 2015 - 2018 . Indonesian Golf Course Owner Association (APLGI)